Jumat, 30 Desember 2011

TULISAN 1 IBD


                                  TULISAN 1 IBD

NAMA        :  ANYA ADRIANA
NPM           :  11211001
KELAS      :  1EA17


                   MENGENAL ILMU BUDAYA DASAR

Di Indonesia memiliki beberapa ilmu pengetahuan. Salah satunya Ilmu Budaya Dasar. Ilmu Budaya Dasar merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan / pengajaran dan bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri. Ilmu Budaya Dasar mempunyai materi-materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial. Ilmu Budaya Dasar merupakan pengetahuan yang dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dapat di kembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia. Ilmu Budaya Dasar berbeda dengan pengetahuan Budaya. Pengetahuan budaya mengkaji masalah nilai-nilai manusia sebagai makhluk berbudaya. Sedangkan Ilmu Budaya Dasar bukan ilmu tentang budaya, melainkan mengenai pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang di kembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan budaya.
Ilmu Budaya Dasar memiliki latar belakang dalam konteks, budaya, Negara, dan masyarakat Indonesia berkaitan dengan permasalahan contoh sebagai berikut : Kemajuan ilmu pengetahuan dalam teknologi menimbulkan perubahan kondisi kehidupan manusia, dapat menimbulkan konflik dengan tata nilai budayanya, sehingga manusia bingung terhadap kemajuan yang telah di ciptakannya.
Ilmu Budaya Dasar juga memiliki ruang lingkup yaitu berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat di dekati dengan pengetahuan budaya , baik dari segi masing-masing keahlian di dalam pengetahuan Budaya, maupun secara gabungan berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.
Tujuan di buatnya Ilmu Budaya Dasar yaitu :
1.   Mengenal perilaku diri sendiri maupun oranglain
2.   Mengenal lebih dalam dirinya sendiri maupun orang lain yang sebelumnya lebih kenal luarnya saja
3.   Memiliki penglihatan yang jelas pemikiran serta yang mendasar serta mengembangkan budaya yang ada di sekitar, menghargai budaya tersebut, dan melestarikan budaya nenek  moyang kita.
Oleh karena itu betapa pentingnya Ilmu Budaya Dasar di masyarakat agar masyarakat dapat lebih mengenal budaya di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar